Skip to main content

Kolom komentar dibawah posting blog

'Rahasia blog' bagaimana cara membuat kolom komentar muncul di setiap halaman postingan yang ada. Kolom komentar ala wordpress ini dapat ditampilkan dengan cara yang sangat sederhana sekali.

Jika anda adalah pengguna wordpress, maka hal ini tidak asing lagi bagi anda karena inilah salah satu keunggulan wordpress dibandingkan blogspot. Kemudahan dalam meninggalkan pesan melalui setiap halaman melalui comment boxnya adalah daya tarik wordpress yang diminati.

Kelemahan blogger selama ini jika dibandingkan dengan wordpress yaitu dalam hal meninggalkan pesan yang sangat membosankan. Terlalu banyak birokrasi tetek bengek yang membuat orang malas untuk berpesan ria. Belum lagi ditambah batasan yang selama ini hanya memperbolehkan parapengguna blogger, wordpress typepad dan layanan lain yang telah terdaftar saja yang boleh meninggalkan pesan. Alias tertutup tapi terbuka untuk umum.

Tapi kabar gembiranya sekarang tidak lagi demikian. Jika anda ingin menulis pesan di halaman komentar blogspot sudah lebih mudah karena sekarang kolom komentar dapat dimunculkan bersamaan dengan halaman postingan. Kolom komentar pada blogger sekarang tanpa iframe dan tanpa popup window. Sehingga memudahkan dalam berkomentar ria antar blogger.

Ok deh.. cukup dulu artikel tetek bengeknya. Sengaja agak panjang biar agak mencukupin buat syarat-syarat SEO.

Langkah-langkah menampilkan kolom komentar pada blogspot:
  • Buka halaman draft.blogger.com

  • Pilih Settings

  • Pilih lagi Comments

  • Kemudian perhatikan menu 'Comment Form Placement', dan pilihlah 'Embedded below post'


  • Simpan dan buka kembali halaman blog anda untuk mengeceknya apakah sudah berhasil.


Kalau belum berhasil, kemungkinan anda tidak menggunakan template standar dari blogger. Kemungkinan template anda berasal dari situs-situs yang membagikan template blogger gratisan dan belum mendukung layanan ini sepenuhnya.

Jika demikian anda dapat mengikuti langkah-langkah mengatasi error dalam menampilkan halaman komentar pada blogspot oleh Amanda berikut ini:

  • Ikutin langkah-langkah diatas seluruhnya terlebih dahulu, lalu

  • buka menu 'Layout' dan kemudian pilih 'Edit HTML' dan jangan lupa untuk memberi tanda pada 'expand widget template'

  • Temukan script berikut yang ada pada template yang anda gunakan.

    <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </p>

  • Kemudian hapus script tersebut dan gantikan dengan script berikut ini.
    <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>

  • Save template, kemudian periksa apakah sudah berhasil atau belum. Biasanya sih sampai tahap seperti ini sudah berhasil.
Oke deh.. selesai sudah 'bagaimana menampilkan kolom komentar seperti wordpress di blogspot'.

Namun jika masih belum beruntung dan masih gagal juga, mungkin anda dapat mencoba 2 langkah-langkah berikut dalam menampilkan kolom komentarnya.

  1. Cari kode

    <b:include data='post' name='comments' />

  2. Kemudian gantikan dengan
    <b:include data='post' name='comment-form'/>

Semoga membantu :) Cheers...

Comments

  1. informasi yang menarik mas :D
    Semoga membatu teman yang buat blog di blogger :D
    salam kenal sebelumnya

    ReplyDelete
  2. wagh....thx atas short tutorialnya

    salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Undeepfreeze 6

Deepfreeze adalah software yang dikembangkan untuk melindungi komputer anda dari serangan-serangan atau pun virus yang berusaha membangun rumah di tempat anda.

Dengan menggunakan deepfreeze maka secara otomatis komputer anda akan dibekukan, dengan kata lain komputer akan kembali ke setingan yang ditetapkan ketika restart.

Setelah menggunakan deepfreeze mungkin berkurang rasa takut akan virus yang masuk di komputer anda.

Masalahnya banyak orang yang menggunakan deepfreeze tapi tidak bisa me remove deepfreeze dari komputernya.

Berikut merupakan cara meng uninstal deepfreeze dari komputer anda.

Remove Deepfreeze with Undeepfreeze

Pengalaman Jailbreak ios 8.1.1 dan 8.1

Banyak situs bertebaran menjelaskan bagaimana cara untuk men jailbreak Apple kesayangan kamu. Tapi yang harus kamu percaya kalau nggak semua yang kamu dengar itu benar.

Apa itu jailbreak sebenarnya gak perlu di jelaskan lagi, banyak artikel membahasnya.
Kalau belum ngerti guggling aja dulu sebentar :)

Perlu kamu tau bahwa ios ver 8.1 dengan 8.1.1 itu berbeda.
bedanya cuma sedikit setau saya. Yaitu kalau ios 8.1 bisa di jailbreak, tetapi yang ios8.1.1 belum bisa di JB sampai saat ini (26 nov 2014) dan kemungkinan seterusnya.

Pihak pangu sendiri sudah menyampaikan bahwa belum ada caranya mengoprek perangkat kesayangan anda kalau sudah di upgrade sampai ver 8.1.1

Bahkan untuk mendowngradenya pun masih belum bisa.

HAl terakhir yang saya lakukan dengan gadget saya yaitu menjailbreak versi 8.1.1 dan yang saya dap[atkan hanyalah GELAP. JAdi untuk memperbaikinya hanya dengan satu cara yaitu restore ulang dengan menggunakan itunes terbaru. Dan itu pun memakan bandwith sekitar 1,3 GB.

Jalan sa…