Skip to main content

Kolom komentar dibawah posting blog

'Rahasia blog' bagaimana cara membuat kolom komentar muncul di setiap halaman postingan yang ada. Kolom komentar ala wordpress ini dapat ditampilkan dengan cara yang sangat sederhana sekali.

Jika anda adalah pengguna wordpress, maka hal ini tidak asing lagi bagi anda karena inilah salah satu keunggulan wordpress dibandingkan blogspot. Kemudahan dalam meninggalkan pesan melalui setiap halaman melalui comment boxnya adalah daya tarik wordpress yang diminati.

Kelemahan blogger selama ini jika dibandingkan dengan wordpress yaitu dalam hal meninggalkan pesan yang sangat membosankan. Terlalu banyak birokrasi tetek bengek yang membuat orang malas untuk berpesan ria. Belum lagi ditambah batasan yang selama ini hanya memperbolehkan parapengguna blogger, wordpress typepad dan layanan lain yang telah terdaftar saja yang boleh meninggalkan pesan. Alias tertutup tapi terbuka untuk umum.

Tapi kabar gembiranya sekarang tidak lagi demikian. Jika anda ingin menulis pesan di halaman komentar blogspot sudah lebih mudah karena sekarang kolom komentar dapat dimunculkan bersamaan dengan halaman postingan. Kolom komentar pada blogger sekarang tanpa iframe dan tanpa popup window. Sehingga memudahkan dalam berkomentar ria antar blogger.

Ok deh.. cukup dulu artikel tetek bengeknya. Sengaja agak panjang biar agak mencukupin buat syarat-syarat SEO.

Langkah-langkah menampilkan kolom komentar pada blogspot:
  • Buka halaman draft.blogger.com

  • Pilih Settings

  • Pilih lagi Comments

  • Kemudian perhatikan menu 'Comment Form Placement', dan pilihlah 'Embedded below post'


  • Simpan dan buka kembali halaman blog anda untuk mengeceknya apakah sudah berhasil.


Kalau belum berhasil, kemungkinan anda tidak menggunakan template standar dari blogger. Kemungkinan template anda berasal dari situs-situs yang membagikan template blogger gratisan dan belum mendukung layanan ini sepenuhnya.

Jika demikian anda dapat mengikuti langkah-langkah mengatasi error dalam menampilkan halaman komentar pada blogspot oleh Amanda berikut ini:

  • Ikutin langkah-langkah diatas seluruhnya terlebih dahulu, lalu

  • buka menu 'Layout' dan kemudian pilih 'Edit HTML' dan jangan lupa untuk memberi tanda pada 'expand widget template'

  • Temukan script berikut yang ada pada template yang anda gunakan.

    <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </p>

  • Kemudian hapus script tersebut dan gantikan dengan script berikut ini.
    <p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>

  • Save template, kemudian periksa apakah sudah berhasil atau belum. Biasanya sih sampai tahap seperti ini sudah berhasil.
Oke deh.. selesai sudah 'bagaimana menampilkan kolom komentar seperti wordpress di blogspot'.

Namun jika masih belum beruntung dan masih gagal juga, mungkin anda dapat mencoba 2 langkah-langkah berikut dalam menampilkan kolom komentarnya.

  1. Cari kode

    <b:include data='post' name='comments' />

  2. Kemudian gantikan dengan
    <b:include data='post' name='comment-form'/>

Semoga membantu :) Cheers...

Comments

  1. informasi yang menarik mas :D
    Semoga membatu teman yang buat blog di blogger :D
    salam kenal sebelumnya

    ReplyDelete
  2. wagh....thx atas short tutorialnya

    salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rahasia Blog 2018

Mulai saat ini artikel blog ini sementara akan membahas seputar Berita terutama hoax di negeri ini. Tanya kenapa? Mungkin hanya karena  maraknya berita hoax pada saat ini kali ya hehe. Harapan ya semoga ada yang terbantu dengan isi dari blog ini tentunya. Lagia n belum banyak blog yang isinya full hoax semua. Dan kalaupun ada mereka membuat seolah olah situs brita hoax mereka itu adalah sebuah kebenaran. BEtapa menyedihkannya hidup mereka itu. Sadar brohh sadarrr... ;D

Salah Curhat

Malu bertanya sesat di jalan, namun apa jadinya kalau bertanya pada orang yang salah?? Kejadian ini terjadi di koran lokal Amrik sana. Sama seperti pada umumnya koran lokal Indonesia yang juga menyediakan kolom seputar tanya dan jawab. Disini pembaca bisa bertanya dan pertanyaan yang dianggap baik akan ditayangkan di kolom koran tersebut. Disini yang bertugas menjawab adalah Miriam. Nah pada suatu hari ada seorang pembaca yang bertanya pada Miriam. Untuk Miriam Pada suatu hari dimana saya pergi kerja seperti biasa, meninggalkan suami saya yang sedang menonton TV. Aku baru saja mengendarai mobilku beberapa meter dari rumah ketika tiba2 mobilku rusak dan tiba2 mogok. Tentu saja saya langsung kembali ke rumah untuk meminta bantuan kepada suami saya. Ketika sampai di rumah, saya menemukan suami saya sedang di kamar tidur dengan pakaian dalam saya, ia sedang berdiri di depan cermin kamar kami dan juga menggunakan sepatu hak tinggi saya dan juga memakai make up saya di muka dia. Saya

Pengalaman Jailbreak ios 8.1.1 dan 8.1

Banyak situs bertebaran menjelaskan bagaimana cara untuk men jailbreak Apple kesayangan kamu. Tapi yang harus kamu percaya kalau nggak semua yang kamu dengar itu benar. Apa itu jailbreak sebenarnya gak perlu di jelaskan lagi, banyak artikel membahasnya. Kalau belum ngerti guggling aja dulu sebentar :) Perlu kamu tau bahwa ios ver 8.1 dengan 8.1.1 itu berbeda. bedanya cuma sedikit setau saya. Yaitu kalau ios 8.1 bisa di jailbreak, tetapi yang ios8.1.1 belum bisa di JB sampai saat ini (26 nov 2014) dan kemungkinan seterusnya. Pihak pangu sendiri sudah menyampaikan bahwa belum ada caranya mengoprek perangkat kesayangan anda kalau sudah di upgrade sampai ver 8.1.1 Bahkan untuk mendowngradenya pun masih belum bisa. HAl terakhir yang saya lakukan dengan gadget saya yaitu menjailbreak versi 8.1.1 dan yang saya dap[atkan hanyalah GELAP. JAdi untuk memperbaikinya hanya dengan satu cara yaitu restore ulang dengan menggunakan itunes terbaru. Dan itu pun memakan bandwith sekitar 1,3 GB