Skip to main content

Tips Menghemat Pulsa Telfon

Tips Menghemat Pulsa Telepon

Handphone yang termasuk salah satu kebutuhan tertier, sepertinya terlihat seperti kebutuhan primer (kebutuhan dasar) manusia. Umumnya orang yang tinggal didaerah perkotaan yang menggunakan alat komunikasi ini.

Penggunaan handphone terkait dengan masalah pulsa, talktime, biaya bicara, atau apapun anda menyebutnya. Biasanya saya terbiasa dengan kata pulsa=)

Karena begitu banyaknya manusia yang masih saja meminjam handphone temannya untuk melakukan panggilan ataupun hanya sekedar sms, maka secara otomatis masih banyak juga orang yang kurang bijak dalam mempergunakan pulsa.

Berikut tips-tips menggunakan pulsa telepon yang baik:
  1. Pilihlah kartu telepon (sim card) yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya jika anda termasuk orang yang super sibuk dan pemakaian handphone umumnya digunakan untuk berbicara, maka pilihan yang tepat jika menggunakan kartu pasca bayar agar biaya lebih sederhana.
    Tapi jika hanya seperti saya yang anak kuliahan dan belum begitu memiliki banyak relasi yang cukup penting, ada baiknya jika menggunakan kartu yang tarif biayanya yang paling murah. Melihat ketatnya persaingan operator telekomunikasi di tanah air, maka anda tidak akan begitu sulit untuk memilihnya.
    Nb: Jika anda pertama sekali menggunakan handphone, sebaiknya anda bertanya kepada teman anda kelebihan dan kekurangan dari setiap operator, jadi anda tidak akan merasa terjebak nantinya.

  2. Buatlah perkiraan pemakaian biaya telefon dalam jangka waktu tertentu dan jangan melewati batas pemakaian. Misalnya, saya mematokkan biaya Rp. 10.000,- untuk biaya pembelian pulsa setiap minggunya. Maka saya harus tetap berkomitmen untuk menggunakannya tidak melebihi anggaran

  3. Manfaatkan fasilitas yang diberikan operator layanan yang anda gunakan. Sms gratis, nelfon murah, bonus pulsa, penukaran point, dll.

  4. Buat batas minimum sisa kredit pulsa anda. Jangan pernah biarkan kredit pulsa anda habis atau terlalu minim, karena hal ini akan merugikan anda sendiri di saat saat yang mendadak.

  5. Manfaatkan layanan internet yang memberikan anda kemudahan untuk mengirim pesan gratis atau melakukan panggilan gratis. Biasanya saya menggunakan Instant Mesengger untuk berkomunikasi langsung dengan kerabat saya yang jauh. Lebih hemat dari pada berbicara menggunakan telepon selular biasa.

  6. Nah yang ini lebih kejam dikit, 'Jangan berikan handphone anda kepada orang yang sering meminta pinjam pemakaian pulsa anda', ntar kebiasaan dan gak ngerasa bersalah. Biarkan dia belajar menghemat. Wong kamunya aja belajar hemat,lha dianya nggak??!! ;)

  7. Jika anda telah menggunakan sebuah layanan operator dalam jangka waktu tertentu dan anda tidak merasakan keuntungan yang sebanding, sebaiknya ganti saja kartu sim anda, mungkin yang lain lebih baik.

    Memang kebiasaan ini banyak di gemari karena dibandingkan dengan biaya yang lebih murah daripada mengisi ulang pulsa, bonusnya lebih banyak.
    Jangan lupa untuk memberitahu relasi anda jika anda mengganti nomer telefon, dan jangan terlalu sering menggantinya.

    Sebagai perbandingan, saya memiliki pengalaman bersama telkomsel (maaf bukan bermaksud menjelekkan) dan selama menggunakan telkomsel keuntungan yang saya dapat ialah: jaringan yang bisa dikatakan sempurna. Tetapi kerugian yang saya alami udah tidak terhitung lagi.
    Mulai dari, tidak sampainya majalah edisi simpatizone ke rumah, padahal udah registrasi dan konfirmasi ulang, kemudian disusul dengan tulalitnya nelfon ke luar kota kalo udah jam malam, mustahil menghubungi costumer service, biaya telefon yang sebelumnya membengkak seperti gajah bengkak, perhitungan bonus yang saya anggap menipu (perhitungan diatas 30 detik dihitung bonus 30 detik). Kecurangan perhitungan akumulasi bonus dengan pemakaian. Dan masih banyak lagi, dan kalau ditulis takutnya udah jadi lembar curhat (padahal emang ia . . .=)p) 0812658124x

  8. Gunakan seperlunya saja.

  9. Biasakan untuk menabung pulsa anda. Misalnya setiap mengisi ulang pulsa, anda harus menyisakan minimal Rp. 1000,- untuk tabungan, jadi nanti setelah 10 kali isi ulang, anda harus mengisi pulsa dalam saldo Rp. 10.000,-

  10. Kalau mau tips yang paling hemat (bagi pengguna prabayar), isi ulang pulsa sehari sebelum tanggal jatuh tempo. Ini dia nih tips yang paling jarang dilakuin. (termasuk saya ;))

Masih banyak tips menghemat pulsa yang belum dituliskan disini,
Silahkan menambahkan di kolom komentar.. ^-^

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Blog 2018

Mulai saat ini artikel blog ini sementara akan membahas seputar Berita terutama hoax di negeri ini. Tanya kenapa? Mungkin hanya karena  maraknya berita hoax pada saat ini kali ya hehe. Harapan ya semoga ada yang terbantu dengan isi dari blog ini tentunya. Lagia n belum banyak blog yang isinya full hoax semua. Dan kalaupun ada mereka membuat seolah olah situs brita hoax mereka itu adalah sebuah kebenaran. BEtapa menyedihkannya hidup mereka itu. Sadar brohh sadarrr... ;D

Salah Curhat

Malu bertanya sesat di jalan, namun apa jadinya kalau bertanya pada orang yang salah?? Kejadian ini terjadi di koran lokal Amrik sana. Sama seperti pada umumnya koran lokal Indonesia yang juga menyediakan kolom seputar tanya dan jawab. Disini pembaca bisa bertanya dan pertanyaan yang dianggap baik akan ditayangkan di kolom koran tersebut. Disini yang bertugas menjawab adalah Miriam. Nah pada suatu hari ada seorang pembaca yang bertanya pada Miriam. Untuk Miriam Pada suatu hari dimana saya pergi kerja seperti biasa, meninggalkan suami saya yang sedang menonton TV. Aku baru saja mengendarai mobilku beberapa meter dari rumah ketika tiba2 mobilku rusak dan tiba2 mogok. Tentu saja saya langsung kembali ke rumah untuk meminta bantuan kepada suami saya. Ketika sampai di rumah, saya menemukan suami saya sedang di kamar tidur dengan pakaian dalam saya, ia sedang berdiri di depan cermin kamar kami dan juga menggunakan sepatu hak tinggi saya dan juga memakai make up saya di muka dia. Saya

Pengalaman Jailbreak ios 8.1.1 dan 8.1

Banyak situs bertebaran menjelaskan bagaimana cara untuk men jailbreak Apple kesayangan kamu. Tapi yang harus kamu percaya kalau nggak semua yang kamu dengar itu benar. Apa itu jailbreak sebenarnya gak perlu di jelaskan lagi, banyak artikel membahasnya. Kalau belum ngerti guggling aja dulu sebentar :) Perlu kamu tau bahwa ios ver 8.1 dengan 8.1.1 itu berbeda. bedanya cuma sedikit setau saya. Yaitu kalau ios 8.1 bisa di jailbreak, tetapi yang ios8.1.1 belum bisa di JB sampai saat ini (26 nov 2014) dan kemungkinan seterusnya. Pihak pangu sendiri sudah menyampaikan bahwa belum ada caranya mengoprek perangkat kesayangan anda kalau sudah di upgrade sampai ver 8.1.1 Bahkan untuk mendowngradenya pun masih belum bisa. HAl terakhir yang saya lakukan dengan gadget saya yaitu menjailbreak versi 8.1.1 dan yang saya dap[atkan hanyalah GELAP. JAdi untuk memperbaikinya hanya dengan satu cara yaitu restore ulang dengan menggunakan itunes terbaru. Dan itu pun memakan bandwith sekitar 1,3 GB